http://4.bp.blogspot.com/_S-C92GFJSRA/TRqtFDIfHlI/AAAAAAAAFyE/Kks7pyqEcNw/s320/widget+animasi.jpg

Jumat, 15 Maret 2013

JR#5 Budaya kerja 5R

Awalnya sempat nggak paham dan saya menganggap materi minggu ini sangat ribet super rumit. Budaya kerja jepang yang menerapkan prinsip 5S atau 5R yaitu 

  • Seiri/Ringkas
  • Seiton/Rapi
  • Seiso/Resik
  • Seiketsu/rawat
  • Shitsuke/Rajin
Dari kelima prinsip diatas memiliki penjabaran yang sangat luas dan super detail, dan prinsip-prinsip tersebut sangat membantu kelancaran, kenyamana dan keamanan dalam lingkungan kerja. Sangat wajib untuk diterapkan ,memang benar istilah tak kenal maka tak sayang hehe..saat awal melihat materi jujur saya males bacanya namun setelah pengumpulan tugas sudah mendekati tanggal batas kirim maka saya belajar sampai paham dan nggak sadar akhirnya kesensem dengan prinsip diatas, karena saya mencoba mempraktekkan langsung ditempat majikan. Semula pekerjaan saya terasa super sibuk dan seperti ada saja yang belum beres namun setelah saya mulai terapkan 5R saya lebih menghemat waktu dan majikan saya sampe nggak percaya apakah saya benar sudah menyelesaikan pekerjaan dengan benar, setelah mengirimkan tugas pun saya masih ketagihan ingin mempelajarinya sampai materi ke 6 hampir saja ku abaikan .
selagi ada kesempatan terus beljar dan mencoba kayaooo...semangat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar